Guys! Apakah kalian termasuk orang yang suka mengkoleksi jam tangan?
Kalau iya, pernah nggak sih perhatikan iklan-iklannya yang kerap terpampang di mall?

Kalau kamu teliti lebih dalam, iklan jam selalu saja erat kaitannya dengan penunjuk waktu jam 10 lewat 10 menit deh!
Nggak percaya?

Tradisi 10.10 ini juga banyak ditemukan di merek jam lain loh!


Dalam iklan Rolex, tradisi jam 10.10 ditampilkan dengan gambar 10.10.31 di promosi iklannya.
Hal nyaris serupa juga dihadirkan produsen jam tangan TAG Heuer dengan waktu 10.10.37.

Di iklan-iklan produk jam tangan lainnya, kamu juga bakal mendapati tradisi jam 10.10



Aneh bukan ?

Menariknya, bila kita menarik sejarah ke belakang, tradisi berupa gambar jam pukul 10.10 ini sendiri sudah ada sejak tahun 1930-an sampai 40-an!

Wah, jadi penasaran mau cari tahu alasannya nggak?

Dilansir melalui Daily Telegraph, tradisi ini digunakan untuk menonjolkan brand jam tangan yang tertulis di dalamnya.

Andrew Block, seorang wakil presiden toko retailer jam tangan terkemuka Tourneau pun menjelaskan awal mulanya tradisi ini.

Di awal abad ke-20, kebanyakan iklan jam sendiri menggunakan waktu 08.20 dalam iklannya.
Menariknya, arah jarum jam yang ada kala itu justru terlihat seperti bibir yang cemberut sedih.
Melihat keluhan dari para pengunjung toko serta mulai maraknya perusahaan advertising di era itu,strategi promosi jam tangan berubah.

Sejak awal tahun 1930-an, gambar pukul 08.20 pun diubah menjadi 10.10 agar terlihat seperti senyuman.

Selain itu menurut Block, hal ini juga secara tidak langsung bisa digunakan untuk menggarisbawahi nama merek jam yang terletak di dekat angka 12.

Dengan format ini, merek dari jam pun akan terlihat makin menonjol dan menarik perhatian calon pemakainya.

Wah, sekarang satu misteri sudah terpecahkan karena artikel ini ya! hehehe (tn)